Senin, 27 Agustus 2012

KIsah di Betania


15.48 | ,

Bacaan : 
Betania terletak dekat Yerusalem, kira-kira dua mil jauhnya. (Yohanes 11:18 ITB)

 Betania artinya Rumah perjanjian.Hal ini melukiskan tentang kehidupan kita sebagai orang yang beriman kepada Tuhan. Betania ini letaknya dekat dengan Yerusalem, kira-kira 2 mil atau kira-kira 2,5 km jauhnya. Sebagai ibu kota, Yerusalem merupakan pusat pemerintahan dan pusat perekonomian; bahkan di Yerusalem ada Bait Allah yang dapat dikatakan sebagai pusat Ibadah. Alkitab memuat banyak hal yang terjadi di Betania yang letaknya dekat dengan Yerusalem itu.
1.Betania letaknya dekat Yerusalem. Menggambarkan betapa pentingnya kehidupan orang beriman yang harus selalu memiliki posisi yang dekat dengan Tuhan. Sesuai dengan perkataan Raja Daud “Hanya dekat Allah saja aku tenang, dari pada-Nyalah keselamatan.” Maz 62:2. Ketenangan itu datang hanya karena kita dekat dengan Tuhan.
2. Dua bentuk pelayanan di Betania. Ada seorang yang sedang sakit, namanya Lazarus, ia tinggal di Betania kampong Maria dan adiknya Marta. Yoh 11:1. Lukas 10:38-42, kita dapat melihat pelayanan yang pernah dilakukan oleh Maria dan Marta. Pelayanan Maria adalah suatu pelayanan Rohani yang mempunyai Jangkauan, Matiua 6:33. Sedangkan pelayanan Marta adalah pelayanan jasmani. Ada saatnya kita seperti Maria yang selalu duduk di kaki Yesus, dan ada kesempatan bagi kita melayani seperti Marta dengan harta kekayaan
 3.Kebangkitan Lazarus di Betania. Di Betania juga ada seorang laki-laki yang bernama Lazarus. Kalau Lazarus yang ada Betania telah di bangkitkan, demikian pula saatnya bagi kita yang hidup pada akhir zaman ini, perlu memiliki Roh kebangkitan Kristus. Roma 8:11.
 4.Yesus bermalam di Betania, Matius 21:17 Yesus begitu menaruh perhatian, Betania mendapatkan tempat yang khusus di dalam Hati Yesus. Yesus menyempatkandiri untuk bermalam di Betania. Kalau saja kita secara khusus menempatkan Yesus didalam kehidupan kita , maka kita pun akan mendapatkan tempat yang khusu di hati Tuhan. Kalau kita mengundang Yesus masuk dalam hati ktia, ada sukacita dan damai sejahtera selalu menjadi milik kita.
5.Yesus makan di rumah Simon si kusta, Matius 26:6. Di Betania ada warga desa yang bernama Simon. Simon adalah salah seorang kusta yang telah disembuhkan Yesus. Kita bersyukur karena kita telah disembuhkan dan dibebaskan dari kusta-kusta dosa. Yesus yang sudah menjamah Simon adalah Yesus yang sama, telah menjamah kita juga. Sebesar-besarnya dosa kita anugrah Tuhan lebih besar dan hebat.
6.Pelayanan yang indah di Betania, Matius 26:6-10. Di Betania juga ada seorang wanita yang membawa sebuah buli-buli berisi minyak wangi yang mahal, minyak itu dicurahkannya keatas kepala Yesus yang sedang duduk makan.
7.Dekat Betania tempat Yesus naik ke Surga. Lukas 24:50-53. Kalau kita bicara tentang Betania berarti kita bicara tentang kenaikan Yesus ke Surga dan kedatangan-Nya kelak kedua kali. HALELUYA!!!


You Might Also Like :


0 komentar:

Posting Komentar