Minggu, 25 Juli 2010

Syukur Dalam Tekanan Membuat Kita Terpilih


22.25 | ,

Bacaan :

"(18-32) Sebab siapakah Allah selain dari TUHAN, dan siapakah gunung batu kecuali Allah kita? (18-33) Allah, Dialah yang mengikat pinggangku dengan keperkasaan dan membuat jalanku rata; (18-34) yang membuat kakiku seperti kaki rusa dan membuat aku berdiri di bukit; (18-35) yang mengajar tanganku berperang, sehingga lenganku dapat melenturkan busur tembaga. (18-36) Kauberikan kepadaku perisai keselamatan-Mu, tangan kanan-Mu menyokong aku, kemurahan-Mu membuat aku besar. (18-37) Kauberikan tempat lapang untuk langkahku, dan mata kakiku tidak goyah." (Mazmur 18:31-36)


Saul adalah raja bangsa israel di zaman itu dan saul adalah raja yang dipilih oleh bangsa Israel,tetapi Daud dipilih Allah.Daud dipilih Allah waktu ia masih muda,ia hidup takut akan Tuhan serta beribadah kepada Allah.
Daud mempunyai hati yang penuh ucapan syukur dan hati yang bersukacita melalui ungkapan-ungkapan hati yang tulus kepada Allah,bahwa Allah dalam dia adalah segala-galanya,melalui ungkapan kegembiraannya pada Allah.
"Saul mengatakan kepada Yonatan, anaknya, dan kepada semua pegawainya, bahwa Daud harus dibunuh. Tetapi Yonatan, anak Saul, sangat suka kepada Daud, sehingga Yonatan memberitahukan kepada Daud: "Ayahku Saul berikhtiar untuk membunuh engkau; oleh sebab itu, hati-hatilah besok pagi, duduklah di suatu tempat perlindungan dan bersembunyilah di sana." (1 Samuel 19:1-2) daud melarikan diri karena saul akan membunuh daud,tetapi yonatan anak saul memberi tahu kepada daud bahwa saul hendak membunuhnya,itu karena daud dan yonatan memiliki hubungan yang baik,karena daud mengasihi yonatan.Yonatan adalah orang yang takut akan Allah dan yonatan mau berbuat baik dan benar dihadapan Allah.Waktu samuel sebagai abdi Allah,Allah mengutus samuel untuk mengurapi daud,sehingga daud menjadi raja bangsa israel,dan daud dipilih diantara kakak-kakaknya yang berperawakan besar dan ganteng-ganteng.Tetapi saul membenci daud dan berniat membunuhnya karena saul tidak mau daud akan menggantikannya sebagai raja bangsa israel.Daud dikejar oleh saul untuk dibunuh,tetapi daud tidak dapat dibunuh saul karena Allah selalu melindungi dan memberi jalan keluar kepada daud.Hati daud waktu itu tidak mau membenci saul karena hati daud bersih dan tulus,mau mengampuni,tidak membalas akan kejahatan saul.Daud memang seorang yang takut pada Allah,sebab itu hubungan daud dengan yonatan baik sekali walau yonatan itu anak saul,tapi yonatan mengasihi daud dalam ukuran takut akan Allah.
Teladan yang daud berikan mengenai karakter daud yang tulus,bersih dan takut pada Allah,harusnya menjadi teladan dalam hidup kita,pribadi kita,rumah tangga kita,supaya kita memiliki karakter-karakter rohani,iman yang dewasa,berbuah,berakar sampai kita boleh mencapai keselamatan yang Tuhan siapkan bagi anak-anak Tuhan yang dewasa.Puji Tuhan.

(Khotbah minggu oleh Pdt.Marthen (Lampung))


You Might Also Like :


0 komentar:

Posting Komentar