Minggu, 07 Maret 2010

Ketekunan Menghasilkan Mahkota


16.45 | ,

Bacaan : "Aku datang segera. Peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak seorangpun mengambil mahkotamu. Barangsiapa menang, ia akan Kujadikan sokoguru di dalam Bait Suci Allah-Ku, dan ia tidak akan keluar lagi dari situ; dan padanya akan Kutuliskan nama Allah-Ku, nama kota Allah-Ku, yaitu Yerusalem baru, yang turun dari sorga dari Allah-Ku, dan nama-Ku yang baru. Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat." (Wahyu 3:11-13).


Jemaat filadelfia adalah salah satu jemaat dari ketujuh jemaat yang digambarkan dalam kitab wahyu,yang merupakan jemaat teladan.Yohanes dalam pembuangan di pulau patmos mendapat penglihatan tentang jemaat filadelfia,bahwa jemaat ini menuruti Firman Allah.Sebagai orang percaya kitapun harus mengambil teladan dari jemaat filadelfia,walaupun banyak tantangan dan pergumulan,ada sindiran dan olokan,bahkan fitnahan,tetapi kita harus belajar tetap tekun didalam Tuhan.
Menjelang kedatangan Tuhan kali yang kedua banyak hal besar akan terjadi,ada kesukaran-kesukaran yang akan menguji ketekunan kita,menguji iman kita sebagai orang percaya.Dalam kitab wahyu 6:5-6 memberikan gambaran tentang keadaan akhir zaman yang sukar dan menuntut kita untuk bertekun dalam iman dan harus mampu mempertahankannya.Karena kita akan diuji bagaikan gandum dan sekam dalam timbangan,dan pasti akan kelihatan manakah yang berat,gandum atau sekam?
Anak-anak Tuhan harus menjadi gandum yang berguna yang tinggal dalam alat penampi,dan jangan menjadi sekam yang terhempas keluar dan tidak meninggalkan bekas.
Anak Tuhan yang tinggal dalam alat penampi itu akan masuk kedalam tempat yang Tuhan sudah siapkan yaitu sorga semawi,asal kita terus bertekun dalam Tuhan,menuruti Firman,maka kita akan mengalami kemenangan(wahyu 6:2).Sekalipun "secupak gandum sedinar,dan tiga cupak jelai sedinar" tapi minyak dan anggur jangan dirusakkan.Biarlah kita tetap ada sukacita sekalipun dalam pergumulan yang seberat apapun.
Bertekunlah dalam Tuhan,menuruti Firman Allah sampai terakhir akan membuat kita menang didalam Tuhan.Dan ada jaminan berkat buat kita;kita akan dijadikan sokoguru dan mendapat mahkota yang disediakan Allah bagi kita yang menang.

(Khotbah minggu oleh : Pdt.Eddy Kalangi STh.)


You Might Also Like :


0 komentar:

Posting Komentar